22 Oktober 2012

Percakapan dengan anak jalanan.


kondisi pulang les..
nyetir buat balik ke kampus.
kurang lebih jam 9.

lampu merah Perempatan airlangga
lampu merah,
ada anak kecil asongan koran pake rompi penjual koran.
kira2 masih 7-9 taun dalam perkiraan.
sebenernya koran ini sebagai kamuflase aja biar terlihat jual koran.
kurang lebihnya adalah mau minta duit ke pengendara waktu lampu merah.

ga lama dia deket ko kaca mobil.nempelin idung ke kaca mobil.
dan aku buka kaca mobil. aku kasi duit(yaa ga banyak sih,formalitas berbasis amal)
trus dia tanya:

"Mas Tinggal sama siapa?"
 dan aku pun jawab
"tinggal sama orang tua, kamu tinggal sama siapa? ga sekolah?" tanyaku
dan jawaban yang bikin aku mikir sampe miris adalah
"ga sekolah mas (dengan mimik wajah yang super melas).. aku tinggal sama bapak ibuk
tapi ba[\pak ibuk ku jahat, aku ga boleh sekolah disuruh kerja. pulang harus bawa 250, kalo engga aku di marahin,mas ada 250?"

Jujur aku kaget kaya kesentak suatu hal yang bikin "DEG di ati..

"aku ga ada duit dek, (emang lagi ga pegang duit)" dan aku liat lampu uda ijo..

dengan wajah super lesu dia bilang "yaudah, besok ya mas"
sambil mobil mulai jalan..

ini yang bikin aku mikir di jalan.
kemungkinan yang ada dalam benak adalah
1. emang bener apa yang anak kecil ini critain
2. ga yakin apa duit ini emang buat bapak ibu nya apa buat setor ke bos nya (secara ngemis sekarang udah terorganisir)

Kalo sampe kejadian itu emang bener,orang tua nya maksa dia buat kerja dan harus bawa duit 250 ribu, aku ga yakin itu orang tua apa orang setan..
tega nya maksa anak umur segitu buat minta2 dan seharinya 250 rebu, gilaakk..
lulusan SMA aja sehari segitu sulit. (tp aku ga mau bahas nominal nya)

tapi keadaan si anak ini..
dia harusnya sekolah. mendapatkan kasih sayang. ga seharusnya dia terlantar pinggir jalan.minta-minta. dan ga ada raut wajah bahagia sama sekali dari wajahnya..

aku ga bisa bayangin gimana nanti si anak dewasa dan masa tua.
selama tidak ada perubahan yang diusahakan dari luar diri si anak atau pun dari dalem diri.. ga bakal berubah..

miris banget aku liat si anak tadi.. andai aja aku bisa bantu, pasti aku bantu (tpi ga dengan kasi duit). aku pengen sekolahin dia, aku pengen dia tumbuh dan berkembang memiliki mimpi merubah nasibnya.

semoga dia dilindungi tuhan dan diberi anugerah agar hidupnya bermanfaat..



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar